Senin, 27 Februari 2012

Ulangan Semester Fisiologi Tumbuhan


SOAL FISIOLOGI TUMBUHAN

  1. Enzim berperan lebih spesifik dalam hal menentukan reaksi mana yang akan dipacu dibandingkan dengan katalisator organik. Disamping peranan tersebut juga memiliki sifat-sifat yang khas, sebutkan sifat-sifat enzim tersebut!
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan holoenzim, apoenzim, koenzim dan bagian-bagian yang prostetik!
  3. Berilah contoh untuk proses difusi, osmosis, imbibisi, transfor aktif, gutasi dan evaporasi!
  4. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju transpirasi pada tumbuhan!
  5. Unsur-unsur hara yang terdapat pada tumbuhan ada yang essensial dan non essensial. Kenapa dikategorikan unsur essensial bagi tumbuhan dan sebutkan unsur-unsur tersebut!
  6. Terangkan perbedaan antara transpirasi aerob dan respirasi anaerob!
  7. Jelaskan persamaan dan perbedaan respirasi dan fotosintesis!

(¯`*•.¸ JAWABAN ¸.•*´¯)
1.      Enzim mempunyai sifat-siat sebagai berikut:
  • Biokatalisator, mempercepat jalannya reaksi tanpa ikut bereaksi.
  • Thermolabil; mudah rusak, bila dipanasi lebih dari suhu 60ยบ C, karena enzim tersusun dari protein yang mempunyai sifat thermolabil.
  • Merupakan senyawa protein sehingga sifat protein tetap melekat pada enzim.
  • Dibutuhkan dalam jumlah sedikit, sebagai biokatalisator, reaksinya sangat cepat dan dapat digunakan berulang-ulang.
  • Bekerjanya ada yang di dalam sel (endoenzim) dan di luar sel (ektoenzim), contoh ektoenzim: amilase,maltase.
  • Umumnya enzim bekerja mengkatalisis reaksi satu arah, meskipun ada juga yang mengkatalisis reaksi dua arah, contoh : lipase, meng-katalisis pembentukan dan penguraian lemak.
  • Bekerjanya spesifik ; enzim bersifat spesifik, karena bagian yang aktif (permukaan tempat melekatnya substrat) hanya setangkup dengan permukaan substrat tertentu.
  • Umumnya enzim tak dapat bekerja tanpa adanya suatu zat non protein tambahan yang disebut kofaktor.

2.      Pengertian:
  • Koenzim adalah kofaktor berupa molekul organik kecil yang mentranspor gugus kimia atau elektron dari satu enzim ke enzim lainnya.
  • Apoenzim yaitu Enzim yang memerlukan kofaktor namun tidak terdapat kofaktor yang terikat dengannya atau disebut juga apoprotein. Apoenzim juga adalah bagian enzim yang tersusun atas protein yang akan rusak bila suhu terlampau panas (termolabil).
  • Holoenzim adalah apoenzim beserta dengan kofaktornya (bentuk aktif). Istilah holoenzim juga dapat digunakan untuk merujuk pada enzim yang mengandung sub unit protein berganda, seperti DNA polimerase. Pada kasus ini, holoenzim adalah kompleks lengkap yang mengandung seluruh subunit yang diperlukan agar menjadi aktif.
  • Gugus prostetik adalah bagian enzim yang tidak tersusun atas protein tetapi dari ion-ion logam atau molekul-molekul organik yang disebut KOENZIM. Gugus prostetik dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu koenzim (tersusun dari bahan organik) dan kofaktor (tersusun dari bahan anorganik). Molekul gugus prostetik lebih kecil dan tahan panas (termostabil), ion-ion logam yang menjadi kofaktor berperan sebagai stabilisator agarenzim tetap aktif.

3.      Contoh-contoh:
  • Difusi adalah peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. Difusi akan terus terjadi hingga seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar,  uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara, teh yang diseduh/dicelupkan keair dalam gelas, cairan tinta yang jatuh ke air.
  • Imbibisi adalah peristiwa penyerapan air oleh permukaan zat - zat yang hidrofilik seperti protein, pati, selulosa, agar - agar. Imbibisi juga merupakan penyusupan atau peresapan air ke dalam ruangan antar dinding sel, sehingga dinding selnya akan mengembang.  Misalnya masuknya air pada biji saat berkecambah dan biji kacang yang direndam dalam air beberapa jam.
  • Transpor aktif yaitu pengangkutan lintas membran dengan menggunakan energi ATP, melibatkan pertukaran ion Na+ dan K+ (pompa ion) serta protein kontraspor yang akan mengangkut ion Na+ bersama melekul lain seperti asam amino dan gula. Arahnya dari daerah berkonsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Misal perpindahan air dari korteks ke stele.
  • Penguapan atau evaporasi adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air).
  • Gutasi adalah proses pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun. Gutasi terjadi saat kondisi tanah sesuai sehingga penyerapan air tinggi namun laju penguapan/ transpirasi rendah maupun ketika penguapan air sulit terjadi karena tingginya kelembaban udara. Proses gutasi terjadi pada struktur daun mirip stomata yang bernama hidatoda.contoh gutasi dapat diamati dengan munculnya tetes-tetes air di tepi daun yang tersusun teratur atau yang sering disalah artikan sebagai embun.

4.  Kegiatan transpirasi terpengruh oleh banyak faktor baik faktor-faktor dalam maupun faktor-faktor luar,
1. Yang terhitung sebagai faktor-faktor dalam adalah:
• Besar kecilnya daun
• Tebal tipisnya daun
• Berlapiskan lilin atau tidaknya permukaan daun
• Banyak sedikitnya bulu di permukaan daun
• Banyak sedikitnya stomata
• Bentuk dan lokasi stomata

2. Faktor-faktor luar yang mempengaruhi transpirasi
• Sinar matahari
Sinar menyebabkan membukanya stoma dan gelap menyebabkan menutupnya stoma jadi banyak sinar mempercepat transpirasi

• Temperatur
Pengaruh temperatur terhadap transpirasi daun dapat pula ditinjau dari sudut lain yaitu didalam hubungannya dengan tekanan uap air didalam daun dan tekanan uap air diluar daun, kenaikan temperatur menambah tekanan uap didalam daun.

• Kelembaban udara
• Angin
• Keadaan air didalam tanah

5.      Suatu Unsur dikatakan essensial bagi tumbuhan adalah jika:
  1. Tumbuhan tidak dapat melengkapi daur hidupnya (sampai menghasilkan biji yang dapat tumbuh) apabila unsur tersebut tidak tersedia.
  2. Unsur tersebut merupakan penyusun suatu molekul atau bagian tumbuhan yang essensial bagi kelangsungan hidup tumbuhan tersebut. Misalnya N sebagai penyusun protein dan Mg sebagai penyusun klorofil.
  UNSUR-UNSUR HARA TERSEBUT TERBAGI MENJADI 16:





NO.
UNSUR
SIMBOL
BENTUK
TERSEDIA
BERAT ATOM
KONSENTRASI (ppm)
BERKECUKUPAN (%)
1
Karbon
C
CO2
12,01
450
45,0
2
Hidrogen
H
H2O
1,01
450
45,0
3
Oksigen
O
O2, H2O
16,00
60
6,0
4
Nitrogen
N
NO3, NH4+
14,01
15
1,5
5
Kalium
K
K+
39,10
10
1,0
6
Kalsium
Ca
Ca2+
40,08
5
0,5
7
Magnesium
Mg
Mg2+
24,32
2
0,2
8
Fosfor
P
H2PO4-HPO42-
30,98
2
0,2
9
Belerang 
S
SO4
32,07
1
0,1
10
Khlor
Cl
Cl-
35,46
100
0,01
11
Besi
Fe
Fe2+, Fe3+
55,85
100
0,01
12
Mangan
Mn
Mn2+
54,94
50
0,005
13
Boron
B
H3BO3
10,82
20
0,002
14
Seng
Zn
Zn2+
65,38
20
0,002
15
Tembaga
Cu
Cu2+
63,54
6
0,0006
16
Molibdenum
Mo
MoO42-
95,95
0,1
0,00001


6.   Respirasi aerob merupakan proses respirasi yang membutuhkan O2, sebaliknya respirasi anaerob merupakan proses repirasi yang berlangsung tanpa membutuhkan O2.
Persamaan dan perbedaan respirasi dan fotosintesis.



Respirasi
Fotosintesis
Perbedaan
-          suatu proses pengambilan O2 untuk memecah senyawa-senyawa organik (substrat) menjadi CO2, H2O dan energi.

-          respirasi merupakan katabolisme, artinya membongkar suatu senyawa menjadi senyawa yang lebih kecil. respirasi, mengubah glukosa menjadi CO2 dan H2O, trus menghasilkan ATP sebagai tenaga yang kita gunakan sehari-hari.


-          pada dasarnya respirasi itu merubah oksigen menjadi tenaga.
-          Respirasi itu proses pernafasan pada tumbuhan yang bisa dilakukan setiap waktu oleh tumbuhan, dan tidak membutuhkan sinar matahari.
-          proses pembentukan zat makanan (glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan zat hara, air dan karbondioksida dengan bantuan sinar matahari.
-          Fotosintesis merupakan  anabolisme, artinya menyusun suatu senyawa sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. dalam hal ini, fotosintesis mengubah CO2 dan H2O menjadi glukosa dan oksigen, dalam prosesnya membutuhkan klorofil dan cahaya matahari.

-          fotosintesis adalah proses merubah karbondioksida menjadi oksigen.

-          Fotosintesis hanya dilakukan pada siang hari dan hanya dapat terjadi bila ada cahaya matahari
Persamaan
Kedua proses ini terjadi pada tumbuhan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar